Selasa, 08 Januari 2013

5 hal yang kulit perlukan setiap hari



Perawatan kecantikan tidak terlepas dari kulit. Bagaimana keadaan kulit kita, demikianlah akan terlihat setiap harinya.

Demi menjaga kecantikan kulit, banyak treatment yang dilakukan, mulai dari yang tidak memakan biaya sampai dengan yang menghabiskan berjuta-juta rupiah demi keindahan kulit wajah maupun badan.

Kali ini cantik alami ingin berbagi tentang hal-hal yang diperlukan kulit setiap harinya, dan mengapa hal tersebut sangat penting bagi kulit kita.

1. Antioksidan, selain berguna bagi sistem peredaran darah dan pertahanan tubuh terhadap kanker, ternyata antioksidan juga berguna bagi kulit. Antioksidan memiliki kemampuan untuk menghancurkan molekul2 yang dapat merusak sel2 yang berguna untuk kecantikan kulit maupun keseimbangan sel seluruh tubuh.

Antioksidan yang sangat berguna bagi kulit adalah :
vitamin C, merupakan penghasil kolagen sehingga kulit terlihat lebih kencang. Konsumsi 75 mg vitamin C setiap hari (sumber: Edgar).
vitamin E, bersifat memberi perlindungan pada membran sel dan membantu cel dalam melindungi kulit terhadap sengatan sinar matahari/UV. Konsumsi 15 mg perhari. (sumber: Edgar)

Antioksidan lain yang dapat mempercantik kulit adalah  selenium, thiamine, beta-carotene and zinc.

Photobucket

2.  Pelindung matahari atau sunblock, ketika menggunakan sunblock anda tidak hanya melindungi kulit dari resiko terkena kanker kulit, tapi juga membantu kulit untuk terhindar dari penuaan yang merupakan efek dari terkena sinar  matahari. Kulit yang dibiarkan terkena matahari tanpa perlindungan sunblock biasanya lebih mudah berkerut dan kurang elastis dari pada yang terlindung.

Untuk melindungi kulit dari efek sinar matahari, anda dapat memilih produk kimiawi seperti avobenzone or oxybenzone atau zinc oxide dan titanium dioxide. Selain itu anda juga dapat menggunakan produk yang mengandung SPF 15 20 menit sebelum anda pergi beraktifitas.

3. Asam lemak esensial atau EFA (essensial faaty acid), merupakan komponen penting yang dapat membantu terbentuknya membran sel yang berbasiskan lemak.

Tanpa adanya EFA membran sel kulit yang berfungsi sebagai pelindung bagi kulit tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga kulit akan terpapar secara aktif yang mengakibatkan dehidrasi kulit dan cenderung menghasilkan sebum yang membahayakan yang membuat kulit kering, meradang dan berbercak.

EFA yang dibutuhkan kulit adalah asam lemak onega-3 dan omega-6.

4. Air. Tubuh manusia terdiri dari air, namun demikian air yang ada didalam tubuh sudah digunakan untuk keperluan metabolisme tubuh, sehingga untuk mempertahankan kecantikan kulit kita tetap harus mengkonsumsi lebih banyak air sehingga tidak mengalami dehidrasi kulit. Selain itu air juga membantu untuk menghilangkan kotoran dari kulit yang dapat menyebabkan jerawat, dan menjaga kulit terlihat berisi dan halus.


5. Pembersih, adalah yang elemen dasar dari setiap rutinitas perawatan kulit. Pembersih tidak hanya menghilangkan kotoran, polutan dan minyak dari epidermis, tapi juga mempersiapkan kulit untuk penggunaan produk-produk kecantikan sehingga bahan-bahan aktif ( seperti vitamin atau sunscreen ) dapat menembus kulit dengan baik dan efektif secara fungsi.

Namun penggunaan pembersih tetap harus diperhatikan, pastikan bahwa pembersih anda bebas dari kandungan sabun karena produk sabun yang anda gunakan untuk tubuh terlalu keras untuk kulit wajah. Pastikan pilih produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit anda. Misalnya, untuk kulit kering dapat menggunakan produk pembersih yang bebas alkohol. Untuk kulit yang berminyak dapat menggunakan produk yang mengandung pembersih asam seperti alpha-hydroxy yang dapat memutus rantai hubungan antara sebum dan sekresi kulit.





0 komentar:

Posting Komentar