Jumat, 18 Januari 2013

Merawat kulit saat tidur

Siapa bilang saat tidur kita tidak bisa melakukan sesuatu untuk tubuh terlebih kulit kita.??


Berikut beberapa metode perawatan kulit wajah yang bisa kita kerjakan sebelum kita tidur dan biarkan kulit bekerja memperbaiki diri selama kita tidur.

  • Udara dingin tidak menjamin kulit kita aman. Bahkan saat malam hari dan berada pada suhu yang lebih rendah, saat itulah yang terbaik bagi kulit untuk terlihat cantik, karena saat beristirahat, tubuh hanya sedikit melakukan aktifitas metabolisme sehingga sedikit juga menghasilkan bahan-bahan radikal bebas yang bersifat merusak kulit. Selain itu, di waktu beristirahat malam, kulit kita dalam keadaan terbebas dari paparan sinar UV maupun polutan yang mampu merusakan kulit juga. Pada saat dimana tubuh tidak melakukan aktifitas perlindungan pada kulit inilah, sebaiknya kita melakukan perbaikan akibat kerusakan yang kita peroleh dari aktifitas selama sehari penuh. Jadi produk apapun yang kita gunakan akan efektif untuk membuat kulit menjadi lebih lembab, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, dan membuat kulit tampak lebih cerah. 
  • Kebanyakan wanita cenderung tidak membersihkan kulit wajahnya pada malam hari, terutama jika kita merasa bahwa kita tidak menggunakan kosmetik sebelum tidur. Tapi taukah anda, bahwa kotoran dan minyak yang menempel pada kulit selama kita beraktifitas akan membuat pori-pori wajah tersumbat selama kita tidur sehingga akan membuat peradangan atau bahkan timbul jerawat. Selain itu, jika kita terbiasa mengaplikasikan produk krim malam sebelum tidur, maka krim ini tidak bisa bekerja secara efektif karena masih ada tumpukan debu yang menutupi kulit wajah.

Untuk anda yang terbiasa merias wajah setiap hari sebaiknya anda juga membersihkan mata dari penggunaan eye shadow dan eye liner, karena jika tidak dibersihkan serbuk-serbuknya dapat masuk ke mata Anda dan membuat iritasi, juga mascara perlu untuk dibersihkan karena dapat menyebabkan bulu mata Anda rusak.
Jadi pada malam hari, pastikan untuk membersihkan kulit sebelum tidur dan basuh dengan air untuk membersihkan sisa-sisa pembersih.
  • Untuk terlihat lebih segar dan muda, Anda harus menyingkirkan sel-sel permukaan kulit yang sudah mati, tapi kelemahan proses ini dapat menyebabkan kulit Anda sedikit rentan karena bahannya sering  membuat Anda lebih sensitif terhadap matahari dan unsur-unsur lain, jadi sebaiknya lakukan proses ini di malam hari.
  • Saat kita tidur, suhu tubuh kita naik, menyebabkan kita berkeringat dan melepaskan uap air, yang membuat kulit menjadi kering. Hal ini terutama biasa terjadi di daerah yang bercuaca dingin, dimana udara di luar dingin  dan di dalam panas . 

Untuk itu perlu menjaga kulit kita tetap lembap dengan mengoleskan pelembab secara tipis karena pelembap mampu mengikat air yang nantinya membuat kulit tetap lembap.
  • Untuk mengurangi garis-garis halus dan lingkaran hitam, gunakan krim mata yang mengandung peptida, rantai asam amino yang akan memerintah kulit untuk memproduksi lebih banyak kolagen.
 photo mamaku1-biru-300.gifAplikasikan produk ini satu jam sebelum tidur, untuk mengurangi risiko produk bermigrasi ke mata Anda, yang akan mengakibatkan bengkak atau iritasi. Oleskan dengan menggunakan bantalan jari Anda. Jangan digosok, dan hindari penggunaan pada daerah garis mata bawah.
  • Haluskan bibir agar bibir terlihat penuh dan sehat. Sebelum tidur, celupkan sikat gigi bayi dalam sedikit baking soda dan air dan sikat dengan lembut bibir atas sehingga terjadi pengelupasan kulit mati. Lalu aplikasikan emolien yang mengandung gliserin, ceresin dan panthenol untuk membantu menenangkan dan menghaluskan bibir.
  • Posisi tidur yang paling nyaman menurut kita mungkin bukan posisi yang terbaik untuk kulit kita. Alasannya adalah kesalahan posisi dapat mempercepat penuaan kulit wajah. Karena kulit ditekan dan tidak mendapatkan cukup udara, sehingga rusak dan membentuk keriput.
Jika posisi tidur telungkup, cairan akan terkumpul dan menyebabkan pembengkakan. Para ahli menyarankan tidurlah dengan posisi telentang, dengan dua bantal di bawah kepala Anda untuk menjaga pergerakan aliran darah. Jika terlalu sulit untuk mengubah posisi tidur Anda, pertimbangkan bantal sutra atau satin yang tidak akan membuat kulit tertarik.
Jadi sudah tau kan kalau kita masih bisa melakukan sesuatu untuk kulit selama kita tidur? Ok deh kalau begitu, jangan lupa segera praktekkan malam ini juga ya.

0 komentar:

Posting Komentar