Minggu, 11 November 2012

Bagaimana melakukan patch test dalam 3 langkah

Patch test, tentu istilah ini terdengar baru bagi anda. Tapi jika kita mengubah bahasa yang digunakan menjadi tes alergi mungkin bukan anda sudah biasa ya.

Pengertian patch tes itu sendiri adalah suatu tes yang dilakukan pada kulit yang bertujuan untuk mengidentifikasi apakah suatu substansi dapat menyebabkan peradangan pada kulit. Hasil positif dari tes ini adala jika terjadi pembengkakan atau kemerahan pada kulit yang diberi suatu zat yang bersifat allergen.

Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menghindari reaksi alergi akibat penggunaan make-up

  • Minta sampel gratis produk kecantikan alami atau organik yang berbahan dasar sayuran. Jika penjual menolak untuk memberikan contoh, mintalah sejumlah kecil saja bahan kosmetik tersebut di dalam suatu wadah. Jelaskan bahwa Anda ingin melihat apakah Anda alergi terhadap produk tersebut sebelum memutuskan untuk membeli.

  • Bersihkan sejumlah kecil area di bagian dalam siku lengan Anda lalu seka bersih. Ambil sejumlah kecil produk menggunakan sendok lalu gosokkan produk ke kulit Anda. Tutup area yang diolesi dengan plester tahan air. Pilih perban dengan perekat di tepi, bukan hanya sisi. Anda juga dapat menggunakan kemeja lengan panjang jika Anda tidak memiliki plester sehingga dapat menutupi area yang telah di olesi oleh kosmetik tersebut.

  • Lepaskan plester atau kemeja setelah 24 jam, jika terjadi iritasi segera olesi dengan area tersebut dengan susu karena lemak susu dapat membantu menghapus produk. Periksa kulit dari tanda-tanda kemerahan, gatal, atau noda. Tanda-tanda dan rasa gatal atau iritasi ini mengindikasikan bahwa Anda alergi terhadap sesuatu bahan dalam produk kosmetik tersebut. Jika anda meragukan hasil tes tersebut, anda bisa mengulang kembali tes ini. Tapi jika tidak terjadi apa-apa pada kulit anda, itu berarti anda aman menggunakan produk tersebut.

Tindakan pencegahan yang mungkin dapat anda lakukan untuk menghindari alergi di masa datang adalah :
  • Catat bahan aktif yang tercantum pertama kali karena Anda mungkin alergi terhadap salah satu dari bahan-bahan itu.
  • Jika anda memiliki alergi, hindari menggunakan produk yang mengandung bahan-bahan yang bersifat iritan.
  • Catat merk produk tersebut, karena kemungkinan besar industri yang memproduksi produk tersebut menggunakan bahan yang sama untuk produk lainnya.



Photobucket

1 komentar:

Posting Komentar