Kamis, 15 November 2012

Lidah buaya (Aloe Vera)

Aloe vera adalah tanaman segar yang berasal dari Afrika Utara. Spesies ini sering disebut-sebut dalam pengobatan herbal sejak permulaan abad pertama Masehi. Ekstrak dari Aloe vera secara luas digunakan dalam kosmetik dan industri pengobatan alternatif, yang terkenal memiliki fungsi dalam peremajaan, penyembuhan bahkan memberi efek menenangkan. Aloe vera memiliki kemampuan untuk menembus lapisan air sehingga mampu untuk mempertahankan kelembaban kulit karena memungkinkan enzim yg ada didalam gel untuk menanggalkan sel-sel mati, yang membantu dalam memulihkan kulit. Aktivitas enzim ini telah diamati untuk mengurangi dan menghilangkan bekas luka, bercak liver, garis usia dan tanda dan noda.

Aloe vera memiliki struktur sangat pendek dengan tangkainya yang bisa mencapai ketinggian 60-100 cm, dan tumbuh secara menyebar. Aloe vera memiliki daun yang tebal dan berdaging, dengan warna mulai dari hijau sampai abu-abu-hijau, dengan beberapa varietas yang menampilkan flek putih pada permukaan atas dan bawah batang.

Aloe vera mengandung senyawa yang bermanfaat seperti polisakarida, mannans, anthraquinones, dan lectins. Rahasia dari tanaman lidah buaya ada pada bentuknya yang transparan, bahan lendirnya yang terkandung dalam daunnya yang berkulit panjang dan tebal yang mengandung gel.

Banyak manfaat yang bisa digunakan dari tanaman yang di Indonesia terkenal dengan nama Lidah buaya ini. Salah satunya adalah penggunaan untuk tujuan kosmetik, dimana gel Aloe Vera  dapat digunakan untuk menutupi kulit  sehingga memiliki warna yang anda inginkan. Selain itu Aloe vera juga bisa membantu untuk menghilangkan warna gelap yang ditimbulkan akibat terlalu banyak berjemur dengan cara penggunaan di malam hari. Pada saat menggunakan gel Aloe Vera untuk tujuan mengembalikan warna kulit usahakan agar anda tidak pergi keluar rumah atau tidak berada di bawah sinar matahari langsung, karena pada dasarnya Aloe vera bukanlah sun block yang efektif.

Selain sebagai sun block, Aloe vera (Lidah buaya) juga bisa digunakan untuk jerawat.  Treatment ini merupakan salah satu pilihan penggunaan kosmetik yang lebih baik jika dibandingkan dengan produk lain yg digunakan untuk tujuan yang sama.



Berikut beberapa hal lain yang bisa kita peroleh dari penggunaan Aloe vera adalah:

Sebagai moisturizing,
Untuk wanita: dapat digunakan sebagai pelembab yang jika digunakan secara teratur aloe vera gel sangat bagus untuk wajah menggunakan make-up yang mengandung mineral . Selain itu menggunakan aloe vera gel pada kulit sebelum mengaplikasika make-up dapat mencegah  pengeringan kulit.

Untuk pria: Aloe vera gel dapat digunakan sebagai aftershave. Sifat penyembuhan yang dimiliki Aloe vera dapat mengobati luka kecil yang disebabkan oleh mencukur.

Berperan dalam masalah penuaan dini,
ketika beranjak tua, semua orang mulai khawatir tentang munculnya keriput dan hilangnya elastisitas kulit. Vitamin C dan E yang ada dalam gel lidah buaya dapat memperbaiki keelastisan alami kulit kita dan menjaga kulit tetap terhidrasi. Untuk memperoleh hasil sebagai anti wrinkle maka Aloe vera harus dikombinasikan dengan virgin coconut oil atau santan sehingga akan memberikan kulit cukup nutrisi dan lemak esensial.

Mengurangi stretch mark,
Stretch mark bisa saja disebabkan karena percepatan pertumbuhan, perubahan berat badan, atau kehamilan, dan banyak dari kita terutama kaum wanita yang merasa terganggu dengan stretch mark ini karena tidak sedap dipandang mata. Biasanya tanda-tanda stretch ini muncul karena kadar air dalam lapisan kulit menurun yang disebabkan oleh peregangan yang berlebihan dan terjadi secara tiba-tiba. Aloe vera gel dapat menyembunyikan stretch mark ini dengan cara menyembuhkan luka-luka ini.

1 komentar:

Posting Komentar