Rabu, 14 Maret 2012

Bagaimana memilih kosmetik yang Baik?


Agak susah ya untuk tau mana kosmetik yang baik dan mana yang tidak baik. Tapi kita bisa loh menghindari efek yang tidak baik itu bagi diri kita dengan cara memperhatikan prosedur2 dalam pemilihan dan penggunaan kosmetik, misalnya nih ya ..

Jenis kulit apa yang kamu punya, kalau kamu punya kulit kering kamu harus pake pelembab, foundation dan bedak untuk kulit kering juga. Karena formula setiap produk itu berbeda untuk masing-masing jenis kulit loh.. Kalo kamu punya jenis kulit kering trus kamu beli kosmetik yang diperuntukkan bagi konsumen kulit berminyak, pastinya kamu akan rasakan kulit kamu semakin kering.. Begitu salah satu contohnya.. :)

Trus waktu kamu membeli suatu produk kosmetik, jangan lupa nih ngecek kandungan kimia yang ada dalam kosmetik tersebut, siapa tau nih ya,, ada salah satu kandungannya yang bikin kamu alergi.. 
Untuk tau kamu alergi suatu bahan kimia atau tidak, perlu pemeriksaan khusus, tapi bisa juga kamu selalu perhatikan setiap kali kamu mencoba mengganti merk kosmetik kamu terjadi suatu reaksi alergi atau tidak. Atau pada saat kamu mau membeli suatu produk, kamu uji deh dengan mengoleskannya pada kulit kamu, jika hasilnya menyebabkan kulit kamu terasa panas, gatal atau timbul ruam tentunya kamu tau dong jawabannya, JANGAN BELI produk tersebut..


Selain kandungan kimia yang bisa menyebabkan alergi, kamu juga harus waspada untuk beberapa bahan kimia yang memang sengaja digunakan dalam kosmetik. Menurut informasi, beberapa merk terkenal menggunakan bahan2 yang berbahaya buat kesehatan kita loh, Jadi hati2 ya.. Dr Robert Greene, penulis buku Hormone Balance for Fertility menyarankan untuk menggunakan kosmetik yang mengandung bahan organik, karena bahan-bahan ini cukup aman dan hanya sedikit mengandung zat kimia. Kembali lagi deh, seperti yang saya katakan tadi, CEK kembali bahan-bahan yang digunakan di dalam kosmetik yang kamu akan beli dan yakinkan tidak ada bahan2 yang berbahaya di dalamnya.


Lalu apa lagi ya yang harus diperhatikan pada waktu membeli produk kosmetik..???
Nah,, buat yang satu ini biasanya kita sering mengabaikannya, padahal ini penting lohh..!! IJIN REGISTRASI BPOM. Seperti apa sih tanda bahwa suatu kosmetik sudah terdaftar di Badan POM? Biasanya kamu akan melihat tulisan berupa kode registrasi seperti  CD untuk kosmetik dalam negeri, CL kosmetik luar negeri, CA untuk yang dari daerah Asia, CC untuk kosmetik dari Eropa, dan CE untuk yang diimport dari Amerika.  Oh ya, kamu juga harus hati-hati ya,, sebab sekalipun ada tanda registrasinya belum tentu loh produk yang kamu pakai asli dari si produsen, maksudnya.. barang tersebut tidak pernah di produksi oleh perusahaan kosmetik tersebut..Untuk lebih amannya kamu bisa search no registrasi kosmetik yang kamu punya di web BPOM.


Last but not least adalah Expired Date produk kosmetik kamu ato bahasa indonesianya tanggal kadaluarsa. Hal ini termasuk dalam daftar penting karena jika kamu melewatkan pengecekan exp date kosmetik kamu, kamu bisa mengalami hal2 yang seperti dialami orang yang alergi. Kenapa..??? Karena bahan2 yang terkandung dalam kosmetik tersebut sudah tidak dalam kondisi baik lagi, plus sudah terjadi reaksi antara bahan2 yang didalamnya akibat bahan yang tidak bagus lagi, pemaparan cahaya mungkin atau karena kondisi penyimpanan yang tidak baik, dll.


Naah, udah tau kan sedikit bagaimana cara memilih kosmetik yang baik, semoga informasi ini bermanfaat ya, n kalo sekiranya ada temen2 yg tau lebih banyak lagi ato tau ada informasi terbaru tentang cara memilih kosmetik, boleh deh di share disini. :)




Sumber :
http://female.kompas.com


0 komentar:

Posting Komentar